Senin, 30 Juli 2018

Makanan Yang Tak Direkomendasikan Saat Haid

Hindari 6 Makanan Ini Saat Menstruasi.

By, Ni wayan tantri.

Perempuan sering mengalami perubahan suasana hati dan nafsu makan meningkat saat menstruasi atau Premenstrual syndrome (PMS).

Medical CheckUp •• Tak hanya itu, selama masa menstruasi, tingkat stres juga akan naik karena perubahan suasana hati. Namun Anda tak perlu terlalu khawatir bila mengalami hal ini, karena sebenarnya tingkat stres selama siklus menstruasi dapat dikurangi jika Anda makan makanan yang tepat.

Namun, kebanyakan perempuan mengalami gejala seperti lesu dan kurang gairah saat menstruasi, karena tidak memiliki nutrisi yang tepat.

Nah, diet sehat sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala dan meminimalkan dampaknya. Lantas, diet sehat seperti apa yang dapat dilakukan untuk meredakan keluhan tersebut? Berikut penjelasannya seperti dilansir Boldsky.

Kafein

Kafein merupakan salah satu senyawa makanan utama yang harus Anda hindari saat menstruasi. Ini dikarenakan kafein akan mempersempit pembuluh darah yang menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Tak hanya itu, penyempitan pembuluh darah juga bisa menyebabkan sakit kepala dan gugup.

Makanan Tinggi Gula

Perempuan juga disarankan untuk menghindari mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi gula seperti permen, soda selama periode menstruasi. Hal ini karena makan makanan tinggi gula akan menyebabkan lonjakan gula darah. Ketika kadar gula darah Anda tiba-tiba jatuh, itu akan membuat Anda merasa kesal, rewel dan lesu.

Makanan yang Dipanggang

Menghindari makanan yang dipanggang merupakan cara terbaik untuk mengurangi kram atau nyeri saat menstruasi. Lemak trans yang terkandung dalam makanan yang dipanggang akan mendorong peningkatan kadar estrogen, yang menjadi penyebab nyeri pada rahim. Hal ini akan mengakibatkan eskalasi kram menstruasi.

Makanan Olahan

Semua jenis makanan kaleng atau olahan harus dihindari selama masa menstruasi. Makanan kalengan atau olahan mengandung banyak natrium. Dan, natrium harus dihindari selama menstruasi karena menyebabkan retensi air dan membuat tubuh membengkak. Jadi, disarankan untuk menghindari makanan olahan seperti daging olahan atau keju dan MSG. Selain itu, hindari makanan kaleng yang mengandung 200 mg sodium per porsi atau lebih.

Biji-bijian Olahan

Ketika biji-bijian alami menjalani proses pengolahan dengan berbagai bumbu tambahan, pengawet dan zat lainnya, membuat gizi yang terkandung dalam biji-bijian tersebut nyaris hilang. Kondisi ini dapat memengaruhi kadar gula darah. Tak hanya itu, makanan seperti pasta juga harus dihindari untuk mengurangi gejala kram menstruasi.

Gorengan

Gorengan mengandung banyak lemak dan minyak yang dapat meningkatkan kadar estrogen. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan ayam goreng harus dihindari untuk menjaga tingkat estrogen tetap stabil. Metode ini dapat mengurangi kram menstruasi dan nyeri.

Baca juga: -hati-hati jika sakit perut di bagian kanan

-Normalkah nyeri haid Anda?

-pahami fase-fase siklus menstruasi Anda.

-menghitung masa subur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar