Ni Wayan Tantri

Selamat Datang Jgn Lupa Comment Terimakasih Kunjungannya

Jumat, 03 Agustus 2018

Inilah Daya Tahan Tubuh Manusia


         

Penulis, Ni wayan tantri,

Medical Check Up - Pernahkah anda sadari, mengapa anak – anak lebih mudah terserang penyakit dari pada orang dewasa. Hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Pada masa anak – anak sistem kekebalan tubuh mereka belum matang. Atau dapat dikatakan masih dalam proses penyempurnaan. Ingin tahu lebih dalam tentang sistem daya tahan tubuh manusia ? Silahkan baca ulasanya pada artikel saya ini.

•    Sistem daya tahan tubuh manusia

Definisi daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh atau disebut jugadengan imunitas merupakan satu sistem yang tersusun dari beberapa komponen tertentu yang ada pada tubuh manusia baik secara alami atau rangsangan, sebagai perlindungan diri dari berbagai macam serangan virus dan bakteri yang dapat membahayakan tubuh manusia. Ilmu yang mempelajari imunitas disebut imunologi.

Semua orang memang secara langsung telah mempunyai sistem imunitas ini sejak ia dilahirkan. Akan tetapi tidak sama antara orang yang satu dan yang lainya. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah pola hidup dan kebiasaan orang tersebut. Ikuti terus pembahasan artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkap seputar daya tahan tubuh.

•    Jenis daya tahan tubuh

Menurut informasi yang kami peroleh dari beberapa sumber, daya tahan tubuh manusia dapat dikelompokan dalam beberapa jenis sebagai berikut :

Sistem daya tahan tubuh

Seperti telah disinggung diatas, bahwa setiap manusia yang terlahir ke dunia telah dibekali dengan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh alamiah manusia mencakup banyak hal. Tidak hanya perlindungan dari serangan virus dan bakteri, daya tahan tubuh juga mencakup hambatan eksternal seperti kulit dan selaput lendir.

Seperti pada hidung, saluran cerna dan tenggorokan. Bulu yang ada pada hidung termasuk perlindungan atau daya tahan eksternal yang merupakan pertahanan pertama dari serangan kuman dan penyakit. Apabila dinding pertahanan luar rusak seperti luka pada kulit misalnya, maka jaringan kulit berusaha untuk cepat menyembuhkan dan sel- sel melindungi dari serangan bakteri atau virus yang menyebabkan infeksi.

Daya tahan tubuh Adaptif

Daya tahan tubuh adaptif disebut juga daya tahan tubuh aktif. Sistem daya tahan tubuh ini berkembang sepanjang hidup kita. Daya tahan tubuh adaptif meliputi limfosit dan berkembang seperti saat orang terkena penyakit atau diimunisasi.

Daya tahan tubuh Pasif

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh pasif merupakan sistem daya tahan tubuh yang berasal dari “pinjaman” sumber yang lain. Contohnya adalah antibody  yang terkandung dalam air susu ibu (ASI). Ketika seorang ibu menyusui anaknya,maka antibody yang ada dalam ASI dapat melindungi si bayi dalam waktu sementara.

Ketika anak menjadi dewasa dan tidak lagi minum ASI. Maka si anak tersebut dengan kata lain bertahan dari gangguan penyakit dengan daya tahan tubuh alamiahnya dan juga daya tahan tubuh adaptif apabila ia masih dalam tahapan proses imunisasi.

[ilustrasi via fb.Naning.Basamah]

•    Fungsi daya tahan tubuh

Secara umum telah disebutkan diatas bahwa fungsi daya tahan tubuh atau sistem imunitas pada manusia adalah untuk perlinungan dari serangan penyakit. Sistem imunitas atau daya tahan atau juga sering disebut kekebalan tubuh ini bekerja untuk mempertahankan tubuh melawan serangan organisme menular yang dapat membahayakan tubuh.

Sistem ini mereson dengan sangat cepat apabila mengindikasi adanya organisme berbahaya dari luar. Kemudian ia akan menyerang oranisme tersebut dan zat- zat berbahaya yang akan menimbulkan penyakit. Bagian utama dari sistem ini adalah sel- sel darah (Leukosit, limfosit dan fagosit).

Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Khususnya dalam menjaga kesehatan tubuh. Kita sering melihat anak – anak mengalami demam. Ini berarti bahwa sistem kekebalan tubuhnya sedang berfungsi. Naiknya suhu tubuh adalah respon dari sistem daya tahan tubuh sebagai perlawanan terhadap bakteri atau virus yang menyerang tubuhnya.

•    Faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh

Bagaimanapun, daya tahan tubuh manusia dapat mengalami perubahan sepanjang waktu. Baik mengalami peningkatan ataupun penurunan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi daya tahan tubuh kita.

Perubahan musim & keadaan iklim

Kita seharusnya tidak dapat menyalahkan fenomena alam yang terjadi sebagai sumber merebaknya berbagai macam penyakit. Akan tetapi kenyataan menunjukan bahwa pada musim- musim tertentu, puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan ramai dikunjungi masyarakat dengan keluhan yang hampir sama. Ini menunjukan adanya hubungan antara keduanya.

Keadaan lingkungan

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Peribahsa itu sangat cocok untuk menjelaskan faktor yang kedua ini. Linkungan yang kotor baik dari polusi udara maupun limbah rumah tangga yang tidak tertata dengan baik, tentu akan mendatangkan berbagai macam penyakit. Apabila ini terjadi terus menerus tentu akan membuat ketahanan tubuh kita menurun dan kita muah tereran penyakit.

- Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat adalah faktor interen masing – masing indifidu. Artinya terganutng dari diri anda sendiri. Pola hidup tidak sehat seperti sering begadang, perokok berat, peminum dapat mendatangkan kondisi yang buruk untuk kesehatan. Daya tahan tubuh akan menurun dan ini akan berakibat mudahnya terserang berbagai macam penyakit.

- Makanan yang tidak sehat

Sistem kekebalan tubuh berasal dari dalam diri manusia itu sendiri, termasuk dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari. Apabila makanan yang dkonsumsi tidak memenuhi standar kesehatan, tentu saja ini akan berdampak langsung pada daya tahan tubuh seseorang. Salah satu makanan yang tidak sehat adalah yang banyak mengandung banyak bahan penyedap dan pengawet kimia.

•    Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh  atau sistem kekebalan tubuh sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan mempunyai daya tahan tubuh yang baik, seseorang akan mampu bertahan dalam kondisi dan lingkungan apapun. Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut :

- Menjaga kebersihan tangan

Tangan adalah angota tubuh yang sagat sering bersentuhan dengan benda lain. Benda seperti handphone, uang, gagang pintu dan lain sebagainya merupakan tempat yang banyak dihuni oleh kuman dan bakteri. Oleh karena itu biasakan memcuci tangan dengan antiseptik untuk melindungi dari virus dan bakteri yang menempel di tangan kita.

- Olah raga teratur

Olahraga merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Denan berolah raga secara teratur akan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu olahraga juga dapat membersihkan racun dalam darah. Dengan demikian, sel – sel tubuh akan berfungsi dengan baik dan daya tahan tubuh akan menjadi lebih baik pula.

Cukup waktu tudur

Salah satu manfaat tidur adalah dapat mengambalikan serta memulihkan stamina. Selain itu juga untuk mengistirahatkan sistem organ yang ada dalam tubuh kita. Waktu tidur yang sehat rata- rata adalah 7 dampai 8 jam setiap malam. Apabila waktu tidur kurang, berarti tubuh tidak cukup untuk istirahat. Ini akan membuat metabolisme tidak seimbang dan berakibat pada sistem kekebala tubuh.

- Makanan yang sehat

Salah satu hal yang paling penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah makanan yang sehat dan bergizi. Karena sel darah yang berperan sebagai sistem kekebalan tubuh dihasilkan dari makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk daya tahan tubuh:

° Bawang Putih – Bawang putih mengandung allcin. Allcin adalah sebuah komponen kuat yang dapat membunuh bakteri dan dapat mencegah infeksi

° Yoghurt – Yoghurt sangat baik untuk tubuh kita. Didalam yoghurt terdapat bekteri baik yang berguna untuk kesehatan. Terutama pada usus dan saluran pencernaan. Sistem pencernaan yang baik tentu sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh seseorang.

° Barley & Oat (Sejenis Gandum) – Makanan ini banyak mengandung serat (Beta-glucan) sebagai anti oksidan yang sangat baik untuk anti microba. Makanan ini sangat baik untuk daya tahan tubuh manusia.

° Sayuran Hijau – Sayuran yang berwarna hijau banyak mengandung vitamin. Diantaranya vitamin B1, A dan vitamin C. Zat ini dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh apabila dikonsumsi dengan teratur.

° Lemon – Tidak diragukan lagi. Daging buah yang satu ini sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikian pembahasan singkat mengenai daya tahan tubuh atau sistem imunitas manusia. Mudah – muadahan dapat bermanfaat untuk pembaca setia di situs web blog saya. Terima kasih atas perhatianya dan nantikan postingan dari  tantri  selanjutnya..... :).  

*Baca Juga: --Pernahkah Anda mengalami Flu berat? Jangan khawatir, berukut ini  tantri ulas bagaimana cara untuk pencegahanya. 👇

Flu? Klik disini untuk membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar