Ni Wayan Tantri

Selamat Datang Jgn Lupa Comment Terimakasih Kunjungannya

Jumat, 24 Agustus 2018

Keluhan Nyeri Pergelangan Tangan

oleh, Ni wayan tantri.

Nyeri Pergelangan Tangan.

Medical Check Up  -  Keluhan seperti yang dikeluhan pada Judul Artikel saya tsb seperti kekauan dan nyeri pada sendi-sendi baik kecil ataupun sendi besar merupakan keluhan yang memang sering dialami oleh banyak orang, terutama yang sedang berusia lanjut. Dari keluhan yang dialami tsb, beberapa kemungkinan diagnosis yang mungkin antara lain:

• Rheumatoid Artritis. Ini merupakan penyakit imunologik, artinya ada peran daya tahan tubuh disini. Biasanya mereka yang menderita ini juga memiliki riwayat kelainan yang sama pada keluarganya. Sendi yang terserang biasanya sendi-sendi kecil seperti pada jari atau pergelangan tangan dan kaki. Seringnya menyerang secara bilateral simetris, artinya keluhan pada sisi kanan juga akan menimbulkan keluhan pada sisi sebelah kiri.

• Gout Artritis. Ini merupakan peradangan sendi akibat penumpukan asam urat. Maka dari itu awam biasanya menyebutnya sebagai penyakit asam urat. Jumlah asam urat yang berlebihan dalam tubuh akan menumpuk hingga mengkristal, kristalisasi ini akan mengakibatkan nyeri dan peradangan pada sendi. Sendi yang terkena biasanya beragam, bisa sendi kecil ataupun besar. Untuk menegakkan ini maka diperlukan pemeriksaan asam urat darah.

• Osteoporosis. Ini merupakan penyakit pengeroposan tulang, sering terjadi pada usia lanjut. Lebih rentan terjadi pada wanita, terutama mereka yang pasca menopouse diakibatkan fungsi hormonal yang sudah menurun dan tidak lagi optimal. Instabilitas hormonal ini yang nanti akan mempengaruhi kepadatan tulang. Jarang terjadi pada sendi kecil, biasanya pada sendi besar penyokong tubuh.

• Osteoartritis. Penyakit ini juga jarang terjadi pada sendi kecil, meskipun bisa saja. Lebih sering terjadi pada sendi besar penyokong tubuh. Penyebabnya adalah tulang rawan sendi yang makin aus dan menipis akibat proses penuaan, trauma, dsb. Penipisan tulang rawan tsb mengakibatkan gesekan antar tulang lebih terasa nyer, sehingga kadang juga menimbulkan bunyi krek-krek.

Untuk mengetahui penyebabnya sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter. Nanti dokter akan menyesuaikan terapi yang diberikan sesuai dengan kausanya. Semua penyakit tsb bisa saja dilakukan fisioterapi, namun biasanya jika masih dapat dengan obat-obatan, maka dipilih pengobatan dahulu. Adapun hal yang dapat saya sarankan untuk dapat dilakukan di rumah untuk ibu Anda, antara lain:

1. Jika memang nyeri yang dirasakan sangat berat, anda bisa membeli obat-obat anti nyeri sederhana di toko obat seperti Paracetamol atau Ibuprofen untuk ibu Anda.

2. Minimalisir penggunaan kaki yang sakit tersebut, jadi sebisa mungkin kaki yang nyeri tadi diistirahatkan terlebih dahulu.

3. Anda juga dapat menggunakan kompres hangat di daerah yang sakit untuk mengurangi nyeri dan bengkaknya.

4. Tetap jaga kebersihan lokasi sendi yang sakit tersebut, jangan sampai terjadi infeksi sekunder.

5. Apabila ibu Anda memiliki berat badan lebih (kegemukan), mulai untuk jaga pola makan anda dan upayakan penurunan berat badan.

6. Kurangi konsumsi makanan berlemak, jero-jeroan, dan kacang-kacangan

Demikian. Semoga bermanfaat.

Artikel yang bersangkutan: Nyeri pergelangan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar