Ni Wayan Tantri

Selamat Datang Jgn Lupa Comment Terimakasih Kunjungannya

Rabu, 15 Agustus 2018

Sudah Yakin Kamu Bercita-Cita Untuk Menjadi Dokter?

Baca dulu artikel saya ini..

By, Ni wayan tantri.

Medical Check Up - Dokter adalah sebuah profesi yang dianggap prestige di kalangan masyarakat. Anggapan bahwa dokter adalah kumpulan orang pintar dan kaya itu sudah sangat umum di setiap negara.

Bahkan anak-anak kecil saat ditanya apa cita-citanya, akan menjawab kelak waktu dewasa nanti ingin menjadi seorang dokter.

Dan banyak dari siswa/siswi di berbagai Negara berjuang mati-matian untuk bisa memasuki Fakultas Kedokteran, dan para orangtua pun tak kalah mati-matiannya juga dalam memperjuangkan hal tersebut.

Hmm, sebenarnya apakah benar profesi dokter itu adalah profesi yang menyenangkan sesuai dengan nilai prestige dari segi pandang masyarakat tersebut ya?

1. Menjadi Dokter, Harus Siap Korban Waktu

Dimulai dari saat kuliah, kamu harus siap dengan perkuliahan yang padat, dan panjang ditambah jadwal-jadwal praktikum yang harus kamu ikuti, kemudian mata kuliahnya juga tidak mudah, alias cukup sulit & rumit... 

Setelah kuliah kamu akan dihadapkan pada masa yang disebut Ko.As, dimana kamu harus menjalankannya demi mendapat gelar Dokter setelah berhasil menjadi seorang Sarjana Kedokteran.

Tidak cukup disitu, setelah Ko.As, kamu harus magang di tempat yang cukup terpencil, pelosok, atau minim sarana prasarana umum, demi mendapatkan SIP. Agar Dokter-mu lebih sempurna.

Jadi gelar Dokter itu bukan sebuah gaya-gayaan saja, karena itu berarti kamu harus siap berkorban waktu dan mengabdi sungguh-sungguh pada masyarakat.

2. Menjadi Dokter, Harus Siap Direpoti

Orang sakit di setiap tempat jumlahnya banyak. Dan semua ingin segera sembuh. Salah satu langkah yang akan mereka tempuh adalah mendatangi dokter.

Dan entah kamu membuka praktek sendiri di rumah, atau bekerja di rumah sakit, klinik, puskesmas, dan badan kesehatan lainnya, kamu harus siap menghadapi mereka untuk direpoti.

Penyakit macam-macam dari mereka, keluhan macam-macam dari mereka, dan bahkan kamu harus siap menerima kritikan pedas saat mereka merasa kamu tidak bisa membuat mereka sembuh.

Hahahaa.. Padahal dokter bukan Tuhan kan?



3. Menjadi Dokter, Harus Siap Menomor Duakan Keluarga

Saat tengah asyik bersama keluarga, atau saat ada acara keluarga, saat keluarga meninggal atau sakit sekalipun, kemudian ada panggilan untuk menangani pasien, kamu harus siap.

Ya, itulah dokter. Jangan pernah berpikir saat menjadi dokter kamu akan mendapatkan kesenangan dari profesi cemerlangmu tersebut, karena saat menjadi dokter kamu harus siap berkorban.

Termasuk menomor duakan keluarga saat masyarakat atau pasien membutuhkan pertolonganmu.

4. Menjadi Dokter, Harus Siap Fisik yang Tangguh

Karena dokter adalah ‘pelayan’ di bidang kesehatan, maka bersentuhan dengan berbagai macam penyakit akan menjadi sebuah keniscayaan.

Bagi dokter yang berada di kota, kemungkinan terkena dampak dari penyakit menular mungkin bisa diminimalisir dengansarana prasarana yang menunjang.

Namun bagi para dokter yang bekerja di pedalaman atau pelosok, hal tersebut akan menjadi sebuah tantangan, mengingat sarana prasarana di tempat tersebut yang sangat minim.

Jadi, dengan segala hal yang akan dialami oleh dokter tersebut, apakah kamu sudah benar-benar yakin bahwa kamu siap menjadi seorang Dokter?

Semoga artikel saya ini bisa memotifasi juga dapat memberikan gambaran bagi para pembaca yang bercita-cita menjadi Dokter..(yaa sedikit cerita terkecil dari pengalaman saya)

Terima kasih sudah mampir dan membaca...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar