Ni Wayan Tantri

Selamat Datang Jgn Lupa Comment Terimakasih Kunjungannya

Selasa, 26 Juni 2018

Atasi Jerawat Di Usia Dewasa

Penulis, Ni wayan tantri

Atasi jerawat yang tumbuh subur.

Medical CheckUp - Jerawat biasanya “tumbuh subur” saat usia remaja atau menjalani masa puber. Lantas mengapa jerawatmasih “betah tinggal” saat usia Anda sudah melewati kepala dua?

Penyebab jerawat adalah wajah berminyak, bakteri, perubahan hormon akibat kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok, dan faktor keturunan. Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat dewasa adalah stres dan makanan seperti cokelat, gula, dan makanan berlemak. 

Pada dasarnya, terdapat dua jenis jerawat pada orang dewasa. Yaitu: 

1. Komedo

Komedo terbentuk di bawah permukaan kulit saat minyak (sebum) bereaksi dengan udara di sebagian pori-pori wajah yang tersumbat. Saat pori-pori tersumbat seluruhnya, timbullah komedo. 

Komedo bisa diatasi dengan membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan pembersih wajah. Pakai air hangat dan jangan menggosok wajah terlalu keras. Selain itu, batasi penggunaan make-up yang berlebihan karena bisa menyumbat pori-pori. 
Bila ingin berdandan, pilihlah jenis make-up bebas minyak, mengandung tabir matahari (sunblock), serta tidak memicu timbulnya jerawat maupun komedo. 

2. Jerawat meradang/jerawat batu

Pada jerawat batu, folikel kulit tersumbat sangat dalam di bawah permukaan kulit. Jerawat ini membutuhkan obat-obatan berupa pil antibiotik serta krim wajah yang mengandung retinoids. Hindari menggaruk, memencet, maupun memecahkan jerawat batu karena hanya akan memperburuk jerawat dan menyisakan bekas luka.

Salah satu cara mengatasi jerawat adalah meminum pil KB yang sanggup mengontrol dan membantu memblokir hormon androgen. Hormon inilah yang memicu produksi minyak menjadi lebih banyak. Meski demikian, jerawat bisa kembali menghiasi wajah saat Anda berhenti mengonsumsi pil KB. Oleh karena itu, selalu konsultasikan penggunaan pil KB kepada dokter Anda.

Agar Anda bisa mencegah timbulnya jerawat dewasa, hindari kebiasaan menyentuh wajah yang dapat menambah minyak, mengiritasi kulit, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri. Kemudian, jauhkan rambut berminyak dari kulit wajah dan kenakan produk perawatan rambut bebas minyak. Selain itu, selalu perlakukan kulit wajah dengan ekstra hati-hati. Misalnya, gosok wajah dengan ujung jari menggunakan pembersih wajah yang tidak kasar dan hindari penggunaan lap maupun spons wajah.

Baca juga: 8 langkah cegah jerawat kambuh

Semoga bermanfaat. Terimakasih juga kepada pembaca setia Medical CheckUp

Sukai halaman Facebook kami 👉 Check-Up


Image by Check-Up

Tidak ada komentar:

Posting Komentar