Ni Wayan Tantri

Selamat Datang Jgn Lupa Comment Terimakasih Kunjungannya

Sabtu, 02 Juni 2018

Bahaya Kerokan yang Harus Anda Ketahui

Oleh: ηί ωαγαη ταητΓί  Medical ChekUp

Harus diketahui bahaya kerokan!

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kerokan. Kerokan merupakan salah satu cara untuk membantu mengatasi masuk angin dengan cara menggosokkan logam atau benda tumpul ke permukaan kulit (biasanya punggung).

Pada saat kerokan, biasanya akan menggunakan cairan pelicin, seperti minyak telon, minyak urut, atau yang lainnya. Ini bertujuan agar tidak terjadi lecet pada permukaan kulit yang dikerok. 

Mengetahui fakta dan bahaya kerokan yang harus diwaspadai


Tahukah Anda bahwa kerokan bisa menyebabkan kecanduan. Hal ini disebabkan karena keluarnya hormon endorfin karena kerokan. Sebenarnya ada beberapa fakta unik tentang kerokan yang mungkin belum diketahui. Berikut ini fakta kerokan yang harus diketahui;

Merah bukan berarti parah

Ketika dikerok, kulit yang digosok akan menimbulkan warna merah. Hal ini sebenarnya bukan disebabkan karena masuk angin yang parah, tetapi yang membuat kulit merah tersebut adalah darah yang masuk pada pembuluh kapiler yang awalnya sempit dan melebar setelah di gosok. Semakin kuat gosokan logam, maka semakin pekat juga warna merah yang timbul.

Kerokan sebenarnya tidak menyembuhkan masuk angin

Yang disebut dengan masuk angin sebenarnya bukanlah angin dari luar yang masuk ke dalam tubuh, tetapi ini merupakan pembuluh darah yang menyempit dan menyebabkan otot-otot kekurangan oksigen. Jadi, kerokan itu sebenarnya bukanlah bertujuan untuk mengeluarkan angin, tetapi justru melebarkan pembuluh darah. 

Bagian tubuh yang ideal untuk dikerok

Sebagian orang melakukan kerokan dari punggung hingga kaki, bahkan ada juga yang dikerok sampai tangan. Padahal ini tidak diperlukan, karena bagian tubuh yang ideal untuk dikerok adalah punggung. 

Bukan hanya disebabkan karena punggung memiliki ruang kosong yang luas, tetapi dibagian punggung ini merupakan sistem saraf terpadu yang memiliki banyak pembuluh darah panjang dan menyebar keseluruh tubuh.

Meskipun memiliki manfaat yang cukup banyak dijadikan sebagai budaya, namun sayangnya banyak juga yang tidak menyadari bahwa kerokan berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa bahaya kerokan yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah :

Kecanduan

Bagi sebagian orang, kerokan akan menimbulkan kehangatan dan kenyamama sehingga membuat mereka menjadi ketagihan untuk melakukannya. 

Pelebaran pori-pori kulit

Kerokan akan membuat permukaan kulit menjadi terbuka dan melebar. Inilah yang sebenarnya harus dihindari. Karena pelebaran pori-pori akan memudahkan virus dan bakteri mudah masuk ke dalam tubuh, bahkan ke dalam peredaran darah.

Stroke

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka bisa membuat peredaran darah yang tadinya kecil ikut melebar. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat berisiko mengalami stroke

Bayi prematur

Jika kerokan ini biasa dilakukan oleh ibu hamil, maka berisiko bayi lahir prematur. Hal ini disebabkan karena ketika kerokan, tubuh akan memproduksi hormon sitokin yang membuat perang kontraksi dini dan memperecpat proses persalinan.

Semoga bermanfaat .    Medical CheckUp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar